Sabtu, 12 Juli 2008

Panmos Spent the Holiday at School

Hari terus berganti dan waktu terus berjalan. Semester genap pun telah berakhir. Libur tlah tiba…….namun, apakah panitia MOS (masa orientasi siswa) MAN 2 Padang thn ajaran 2008-2009 dapat berlibur dengan tenang?

Rabu, 18 Juni lalu pengurus OSIS berkumpul untuk membicarakan tentang kepanitiaan MOS. Jajaran pengurus inti OSIS beserta ketua dan sekretaris Sekbid mulai menyeleksi adik-adik pengurus OSIS kelas 1 yang akan menjadi panmos nantinya. Setelah mengadakan rapat, maka terpilihlah 24 orang panmos kelas 1, sekitar 13 orang panmos kelas 2, ketua MPK dan 3 orang pengurus inti OSIS sehingga semua berjumlah 41 orang. Sekolah pun mengesahkan kepanitiaan MOS dengan adanya SK (surat keputusan) yang dibagikan pada masing-masing panitia.

Waktu libur selama 2 minggu dijalani para panitia secara bersama disekolah. Nah, lho? Ya, panitia sepakat untuk tidak pergi berlibur agar kegiatan MOS tahun ini bisa sukses seperti tahun-tahun sebelumnya. Pembagian rapor pada hari Kamis 26 Juni hingga Senin 30 Juli menjadi hari istirahat bagi panitia. Mulai dari hari Selasa 2 Juli hingga hari terakhir sebelum MOS, Rabu 9 Juli panitia setiap hari berkumpul di sekolah untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk pelaksanaan MOS. Selama 8 hari tersebut, panitia kelas 3 memberikan pengarahan kepada panitia kelas 2 tentang gambaran kegiatan MOS. Membersihkan ruang OSIS yang baru, rapat-rapat panitia, mempersiapkan beberapa perlengkapan untuk calon siswa baru, latihan PBB dan test mental panmos kelas 2 yang akan menjadi kakak asuh di tiap kelompok, telah dilakoni panitia dengan baik dan penuh kenangan. Panmos kelas 3 beserta beberapa orang alumni memberikan shock theraphy pada panmos kelas 2 agar mereka siap dan mengerti bahwa tidaklah mudah untuk menjadi panitia MOS.






Peserta MOS diwajibkan untuk memakai topi dari ½ bola yang harus dihiasi banyak permen, memakai dasi petai, memakai ‘nama suci’ dan kompeng yang dikalungkan di leher, tas plastic dan tali sepatu dari tali rafia. Peserta akan dibagi dalam 10 kelompok yang akan dibimbing oleh sepasang kakak asuh kelas 2 dan 1 orang penanggung jawab kelompok dari kelas 3. ketua MPK, 3 orang pengurus inti OSIS, 3 orang panitia inti MOS dan beberapa orang pembantu umum berada di luar kelas dan bertanggung jawab secara umum pada pelaksanaan MOS.

Kamis 10 Juli, peserta dibagi 10 kelompok, masuk kelas dan perkenalan dengan kakak asuh. Selanjutnya dilanjutkan dengan GORO dan latihan PBB. Pada hari Jum’at, peserta dikumpulkan di aula untuk pemberian materi oleh Kepala Sekolah dan Waka Kesiswaan serta diteruskan lagi dengan latihan PBB. Sabtu, kembali pemberian materi oleh Pembina OSIS dan Guru BK. Sesudah Zuhur, peserta kembali dikumpulkan di aula untuk menonton bersama pemutaran profil MAN 2 Padang dan penampilan 100 orang tim Asmaul Husna yang berhasil meraih juara 2 Lomba Asmaul Husna tingkat SLTP/SMA se kota Padang. Hari terakhir, Minggu merupakan waktunya untuk ekspos lembaga, penjelasan tentang MPK oleh 4 orang ketua MPK, pemaparan tentang OSIS oleh Ketua OSIS dan kampanye tiap perwakilan ekskul untuk merekrut anggota.

Kegiatan MOS yang dimulai dengan pra MOS pada hari Kamis tanggal 10 Juli dan 3 hari MOS pada tanggal 11 hingga 13 Juli. Keesokan harinya, Senin 14 Juli 2008 akan menjadi hari pertama bagi seluruh siswa/I MAN 2 Padang untuk memulai tahun ajaran baru 2008-2009.

Malam minggu, besok terakhir MOS
by OSIS MAN 2 Padang

1 komentar:

badrudin mengatakan...

wah enak ya MOS. jd pingin SMA lg