Rabu, 11 Februari 2009

Sosialisasi Kurikulum Pendidikan Kelalulintasan

Sehubungan dengan Pencanangan dan Sosialisasi Kurikulum Pendidikan kelalulintasan Masuk Kurikulum Sekolah, maka pada Senin, 9 Februari 2009 lalu dilaksanakan Upacara gabungan Madrasah terpadu (MIN, MTsN Model dan MAN 2) di lapangan upacara MAN 2 Padang dengan pembina upacara, Kapoltabes kota Padang Kombes Polisi Drs. Boy Rafli Amar.

Kurikulum Pendidikan Kelalulintasan Sekolah ini berdasarkan kesepakatan bersama antara Kapoltabes kota Padang dengan Kepala Kantor Departemen Agama kota Padang. Pencanangan Kurikulum Pendidikan Kelalulintasan Sekolah ini dilatarbelakangi oleh:

  1. Data kecelakaan lalu lintas yang terhimpun pada Satlantas Poltabes Padang tahun 2008. Tercatat ada 598 kasus (76 meninggal dunia, 482 luka berat dan 347 luka ringan) dengan kerugian materiil Rp 1.046.835.000,00.
  2. Kecelakaan lalu lintas melibatkan anak usia sekolah sebanyak 114 kasus (68%) dan meninggal dunia 26 orang (62,91%).

Kesepakatan ini akan direalisasikan dalam bentuk kerja sama antara Kepolisian dengan Dinas Pendidikan dan Departemen Agama. Kepolisian akan menyiapkan standar Kompetensi Dasar serta referensi tentang Pendidikan Kelalulintasan dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Kepolisian juga akan menyiapkan instruktur yang akan melatih dan memberikan pembekalan kepada guru yang akan ditugaskan memberikan materi kelalulintasan.


Dinas Pendidikan dan Kantor departemen Agama kota Padang akan merealisasikan ini ke sekolah-sekolah dan madrasah se kota Padang. Kurikulum ini direncanakan akan dimulai pada tahun ajaran 2009/2010 mendatang.


Posted by: osism2p
sumber: tp

Tidak ada komentar: